Home » , » Jalan-Jalan ke Museum Negeri NTB

Jalan-Jalan ke Museum Negeri NTB

Museum Negeri NTB | http://travelplusindonesia.blogspot.com


Semeton Bloggers, kali ini LBC akan mengajak semeton senamean melihat dari dekat museum satu-satunya di Pulau Lombok yaitu : Museum Negeri NTB. Bung Karno Presiden pertama kita pernah mengatakan, "Jas Merah" artinya jangan sekali-kali melupakan sejarah. manusia mengetahui segala yang ada sekarang, pesatnya kemajuan teknologi, dan semakin pintarnya manusia dalam segala bidang, itu tidak luput dari jasa-jasa para pendahulu kita. sebagai terune-dedare (Remaja-remaji ) sasak tentunya tidak boleh melupakan kejayaan Lombok masa silam yang bisa kita lihat bukti-bukti nyatanya di Museum Negeri Nusa Tenggara Barat.


Memasuki museum terasa kita kembali ke zaman perdaban masa-masa kerajaan dahulu, didalamnya terdapat berbagai koleksi diantaranya adalah benda-benda purbukala baik itu koleksi geologi, biologi, etnografi, arkeologi, sejarah, numismatik, heraldik, filologi, maupun keramik. Di dalam museum ini bukan hanya peninggalan para leluhur suku sasak yang tersimpan disini, tapi peninggalan-peninggalan dari berbagai daerah di Pulau Sumbawa pun bisa kita temukan disini, karena memang museum ini adalah museum Nusa Tenggara Barat yang meliputi P. Lombok dan P. Sumbawa.

Buaya| http://travelplusindonesia.blogspot.com



Sebelum memasuki ruang pamer utama, pengunjung akan terlebih dahulu disambut oleh kotak kaca berisi buaya muara yang sudah diawetkan. Buaya besar ini berukuran panjang 4,1 meter dengan lebar 1,2 meter dan tinggi sekitar 0,6 meter. Buaya ini berasal dari perairan Sungai Amala, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, Sumbawa. Lantaran buaya ini kerap meresahkan masyarakat dan telah memakan korban manusia dan hewan ternak penduduk setempat, maka buaya ini pun ditangkap lalu diserahkan ke Museum NTB untuk diawetkan sebagai koleksi terhitung sejak akhir Desember 2010.


Di Museum ini juga tersimpan benda-benda mistis yang bisa jadi memiliki kekuatan gaib di dalamnya. Benda-benda mistis itu antara lain dua buah batu peramal (meramal nasib seseorang), Wariga (meramal hari baik/buruk), Pedalo’i (penolak roh halus), Danci (mengusir roh jahat), Bebadong (pertahanan kekebalan),Kemalik Genter (penangkal petir), Alqur’an (ajimat), Fosil kayu (penolak bala), dua buah batu berwarna putih dan coklat (sebagai batu kemerasan, karena diharapkan tuahnya), uang kepeng (penolak bala), serta Poh Jengik (alat memandikan ternak penolak bala).

Jaran | virtualtourist.com


Pajangan Huruf Aksara | virtualtourist.com



Nah bagi semeton yang ingin berkunjung ke Museum Negeri NTB ini berikut LBC berikan alamat lengkap dan jam kunjungnya :





Alamat:
Jalan Panji Tilar Negara No. 6, Mataram 83114
Telp : 0370-632159, 637503
Faks. : 0370-637503

Jam Kunjung:
Selasa – Kamis: 08.00 – 14.00 WITA
Jumat : 08.00 – 11.00 WITA
Sabtu : 08.00 – 12.30 WITA
Minggu : 08.00 – 14.00 WITA
Senin & Hari libur nasional: Tutup

Karcis Masuk:
Dewasa : Rp. 1.000 (rombongan Rp. 750)
Anak-anak : Rp. 500 (rombongan Rp. 400)
(Harga tiket sewaktu-waktu bisa berubah)
Share this article :

2 komentar:

  1. kelaeq qu jari kanak sasak endeq qu wah tame museum.. Melet jari ne..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha,,,, pade meno ja',, lema' piran2 te lo bekedek jok to,,,,

      Hapus