Home » » Gendang Beleq Sasak Lombok

Gendang Beleq Sasak Lombok

Sumber. Humas Lobar

Salah satu alat kesenian Lombok yang sudah familiar dan masih dipraktekkan oleh warga sasak adalah gendang beleq, suara yang dihasilkan gendang beleq tentunya akan sedikit mengganggu pendengaran anda, karena suaranya cukup besar namun suara yang dihasilkannya cukup bagus. gendang

Disebut Gendang Beleq karena salah satu alatnya adalah gendang beleq (gendang besar). Orkestra ini terdiri atas dua buah gendang beleq yang disebut gendang mama (laki-laki) dan gendang nina (perem-puan), berfungsi sebagai pembawa dinamika.

Sebuah gendang kodeq (gendang kecil), dua buah reog sebagai pembawa melodi masing-masing reog mama, terdiri atas dua nada dan sebuah reog nina, sebuah perembak beleq yang berfungsi sebagai alat ritmis, delapan buah perembak kodeq, disebut juga "copek". Perembak ini paling sedikit enam buah dan paling banyak sepuluh. Berfungsi sebagai alat ritmis, sebuah petuk sebagai alat ritmis, sebuah gong besar sebagai alat ritmis, sebuah gong penyentak sebagai alat ritmis, sebuah gong oncer sebagai alat ritmis dan dua buah bendera merah atau kuning yang disebut telontek.

Gendang Beleq Lombok


Menurut cerita, gendang beleq ini dulu dimainkan kalau ada pesta-pesta kerajaan, sedang kalau ada perang berfungsi sebagai komandan perang, sedang copek sebagai prajuritnya. Kalau perlu datu (raja) ikut berperang, disini payung agung akan digunakan.

Saat ini gendang beleq biasanya digunakan  pada upacara pernikahan/walimah, sunatan, dan untuk menyambut tamu-tamu negara. Gendang Beleq dapat dimainkan sambil berjalan atau duduk. Komposisi waktu berjalan mempunyai aturan tertentu, berbeda dengan duduk yang tidak mempunyai aturan.

Pada waktu dimainkan pembawa gendang beleq akan memainkannya sambil menari, demikian juga pembawa petuk, copek dan lelontek.

Referensi :
www.lombokbarat.go.id
www.lomboktimur.go.id
Share this article :

4 komentar:

  1. mantep bro, buatin stiker dong bro LBC..

    BalasHapus
  2. @abongbonjeruk: thanks atas kunjungannya mas bro,, lok boleh tau sticker apaan neh,,

    BalasHapus
  3. stiker buat para bloger lmbok yg trgbung dlm lombok blogger.. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. oooo,, iya tenang aja,, masih dalam proses,,,, rencana juga q-ta dari admin LBC pengen bikin t-shirt,,

      eh tapi ngomong-ngomong udah jadi member gag neh,,, lok belum tinggal registrasi aja di menu login tuh... oke....

      Hapus